NORTEL MERIDIAN PABX PROGRRAMING ( LD 11 )


Kali ini saya akan membahas tentang Nortel Meridian Programing , terutama LD 11.Seperti biasanya, saya menulis artikel ini, dikarenakan sangat jarang sekali tutorial tentang Nortel Meridian Programing yang berbahasa Indonesia .Banyak dari teknisi atau yang mengetahui tentang pemrograman PABX jenis yang satu ini menyimpan pengetahuannya untuk dirinya sendiri , munkin ada yang beranggapan jika semakin sedikit yang tahu, maka peluang untuk mendapatkan uang lebih banyak heheh… maaf jika ada yang merasa tersinggung, ini hanya komentar pribadi, soalnya saya pernah merasakan bagaimana susahnya untuk belajar programing pabx nortel meridian ini dan jarang sekali saya menemukan orang untuk bertanya. Oh ya tulisan ini saya buat juga agar sewaktu-waktu saya lupa, atau catatan saya hilang saya bias membukanya disini.

Baiklah kita mulai dengan LD 11 nya…

Kali ini LD 11 , akan kita titik beratkan untuk melakukan proses Grouping atau RNPG ( ring number pickup group ). Agar ekstension bisa saling melakukan pick-up dengan ekstension yang lain.

Dalam tulisan ini saya anggap anda telah bisa terkoneksi dengan PBX Nortel meridian anda melalui hyperterminal windows.

Langkah pertama. Seperti biasa anda login dengan mengetikan LOGI, dan masukan password. ( default 0000 )

Ok, ketika anda sudah muncul tulisan seperti ini di hyperterminal

.LOGI

PASS?

.

TTY #00 LOGGED IN 02:0819/4/1993

>

Berarti anda sudah masuk kedalam system dan sudah bisa mulai melakukan programming

Selanjutnya anda tinggal mengetikan LD 11 ( dengan huruf Kapital ) lalu akan muncul seperti ini ,

>LD 11

SL1000

UDATA: 086459 0PDATA: 090953 4

SCH5066

REQ:

Anda diminta untuk memasukan request yang anda minta, dimana di LD 11 ini yang kita bahas adalah melakukan Grouping atau setting RNPG. Jadi pertama – tama yang kita lakukan adalah mengetahui TNB Trunk Number dari ekstension yang akan kita set RNPG nya. Ambil contoh misalnya ekstension 329 yang akan kita masukan ke RNPG dari ektension 240,241,242 yang mana sebelumnya ekstension 240,241,242 sudah terlebih dahulu berada dalam satu RNPG.

Terlebih dahulu kita harus mengetahui berapa RNPG dari ekstension-ekstension tadi, agar ekstension 329 bisa kita masukan ke dalam RNPG yang sama dengan ekstension-ekstension itu.

Untuk mengetahui RNPG dari suatu ekstension dan untuk setting RNPG suatu ekstension kita harus mengetahui TN atau Trunk Number dari Ekstenion-ekstension yang dimaksud, caranya seperti yang akan saya jelaskan ini.

Kembali ke request tadi, jadi kita harus mengetahui RNPG dari ektension 240,241 atau 242, kita ambil contoh salah satu dari ektstension tersebut misalnya 241.

Request yang kita isikan adalah PRT, lalu untuk type kita isi DNB, cust kita isi 0 ( nol ) DN kita isi dengan ekstension yang kita maksud ( 241 ). Lalu tekan ENTER sampai muncul detail yang diinginkan, kurang lebih seperti ini hasilnya.

REQ: PRT

TYPE: DNB

CUST 0

DN241

DATE

PAGE

DES

DN241

CPND

CPND_LANG ROMAN

NAME SIGANTENG

XPLN 27

DISPLAY_FMT FIRST,LAST

TYPE 500

TN006 0 00 08MARPDES INTI7 FEB 2008

Walaaahh.. kita telah mendapatkan trunk number yang kita cari,

TN = 006 0 00 08

Eits… Trunk number yang dimaksud bukan semua angka itu , melainkan digit ke2, digit ke 3, digit ke 7 , dan digit ke 8.

Jadi Trunk number yang dimaksud adalah , TN = 06 08 ( yeeah.. got it..!! )

OK , kita sudah mendapatkan Trunk number nya, jadi sekarang kita tinggal mencari tahu RNPG dari ekstension 241.

Masih di LD 11, ketika diminta untuk memasukan Request, isikan PRT, untuk Type isikan TNB, lalu TN isikan dengan Trunk Number yang telah kita dapatkan tadi ( TN untuk ekstension 421 ) yaitu 06 spasi 08. tekan ENTER sampai kita dapatkan hasil detail yang kita inginkan, kurang lebih seperti ini .

DESINTI

TN006 0 00 08

TYPE 500

CDEN 4D

CUST 0

WRLS NO

DN241MARP

CPND

CPND_LANG ROMAN

NAME SIGANTEG

XPLN 27

DISPLAY_FMT FIRST,LAST

ASTNO

IAPG 0

HUNT

TGAR 2

LDNNO

NCOS 3

SGRP 0

RNPG 5

LNRS 16

XLST 2

SCI0

SCPW 29995

SFLT NO

CAC0

CLSTLD DTN FBD XFA WTA THFD FND HTD ONS

PLEV 02

MLWU_LANG 0

FTRCFW 16

FTRRDL 16

DATE7 FEB 1996

NACT.

Good, good… berhasil… kita dapat hasilnya.

Bisa kita lihat di detail bahwa ekstension 421 berada di Group 5 atau RNPG 5

Jadi RNPG untuk ekstension 421 = 5

Lanjut lagi, kita telah mengetahui RNPG dari group , dimana ekstension 329 akan kita masukan dalam group atau RNPG yang sama.

Sekarang yang perlu diketahui adalah TN atau trunk number dari ekstenion 329, seperti yang sudah saya bahas diatas, yaitu untuk memasukan atau mengetahui RNPG dari suatu ekstenion adalah kita harus mengetahui TN atau trunk number dari ekstenion.

Jadi, ulangi langkah untuk mengetahui Trunk number yang sudah dibahas diatas.

Sudah dapat….??? Ho ..ho… keduluan kalo gitu, saya sudah dapat trunk number dari ekstension 329 ( 09 13 ) . Jadi kita lanjutkan untuk setting RNPG ekstenion 329 agar masuk ke RNPG ekstension 421.

Masih di LD 11, pada request kita isikan CHG, type 500 ( untuk analog, dandigital masukan 2000 – hal ini akan saya jelaskan di tulisan berikutnya ) jadi saya masukan 500 karena ekstension 329 adalah ekstension analog. TN diisi dengan trunk number dari ekstension 329 tadi ( 09 13 ).

ECHG diisi YES, ITEM diisi RNPG XX ( xx= diisi dengan group yang sama dengan ekstension 241 ) saya isi disini berarti RNPG 05.

Kurang lebih detalnya seperti ini

REQ: CHG

TYPE: 500

TN09 13

ECHG YES

ITEM RNPG 05

ITEM

UDATA: 086459 0PDATA: 090953 4

SCH5066

Ok Done… horaayy…RNPG dari ekstension 329 telah berubah menjadi 5 , sama dengan ekstension 240,241,242. Jika masih ragu, anda bisa cek dengan perintah PRT, atau cara mengetahui RNPG dari suatu ekstension, yang sudah saya jelaskan diatas.

Jika dalam tulisan ini masih ada kesalahan atau kekurangan, mohon dikoreksi. Saya harap tulisan ini bermanfaat, jika ingin mengkopi tulisan ini mohon disertakan sumbernya.

13 thoughts on “NORTEL MERIDIAN PABX PROGRRAMING ( LD 11 )

  1. terima kasih ya mas info nya berguna banget ini… programming nortel meridien emang kebanyakan bahasa inggris. thanks tutorialnya.

  2. sama2 mas , semoga bermanfaat buat semuanya . kalo mas ada artikel tentang meridian , silahkan di sharing juga , saya masih dalam tahap belajar.

  3. Sebenernya masih banyak materinya mas , tapi untuk nulisnya kalah sama kesibukan sehari-hari , insyaallah nanti kalau ada waktu di update , insyaallah bermanfaat , amiin. btw tks udah mampir🙂

  4. bro salam kenal….. saya dr bali saya sangat berterimakasih atas tulisan bro ttg nortel pabx….mmg sangat jarang org yg bisa mau berbagi…..tp saya yakin Tuhan akan membalas budi baik brow…..
    saya saat ini sdng belajar pabx nortel…bahkan teknisi yg menginstall pun saya susah tanyakan….pelit banget dg ilmu….tp bro sudah bemurah hati untuk berbagi….
    brow sudi kiranya nya agar saya bs belajar dg bapak…mohon bimbingan nya….
    kalo bisa sy minta kontak number agar bisa berkomunikasi…..
    sekali lg trima kasih….
    selamat puasa …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s