Nomor Telepon Toll Free dari TELKOM


Wah , dapet tugas baru dari boss, suruh bikin call center di tempat kerjaan . Humm… baiklah , tapi dipikir pikir bakalan banyak yang harus dipersiapkan , salah satunya adalah single number yang bisa di telepon tanpa memakai kode area . Jadi dihubungi darimanapun nomor telpon akan sama , tanpa penggunaan kode area, dan bisa menggunakan embel-embel nama perusahaan, biar keren mirip call centernya McD misalnya 14045, atau Pizza Hut 500-600.

Langkah pertama pastinya mencari tahu harga dan ketersediaan nomor-nomor tersebut . Otomatis layanan customer service telkomlah yang saya tuju , di nomor 147. Sedikit kecewa ketika bertanya di nomor 147 ini . Menerangkan dengan semangat keinginan saya untuk membangun call center , beserta pertanyaan pertanyaannya , nyatanya di si mbak di ujung sana gak begitu faham apa yang saya inginkan . Akhirnya setelah bahasa nya lebih diserderhanakan “mbak .. saya mau bangun call center untuk perusahaan , kira-kira kemana yah saya harus tanya? ” akhirnya si mbak mudeng , “ooo.. kalau untuk itu bisa menghubungi layanan telkom corporate di nomor telpon 0800-1-telkom ” naaaah nomor telpon seperti itu juga yang saya inginkan . Telponlah ke nomor itu , dan akhirnya mendapatkan penjelasan yang cukup dari mbak di ujung sana .

Penjelasan untuk nomor Toll Free dari telkom

0 800 XXXXXXX => Toll Free

0 804 XXXXXXX => 50% & 50%

0 807 XXXXXXX => Charged Normally

500 XXXX => Charge Normaly ( digit x = antara 3-4 nomor )

Call is forwarded to any number.

One time fee Rp. 40,000 per line

Rp. 35,000 per line per month

Special requested number, extra fee to Telkom. Sebesar 2 Juta Rupiah Untuk nomor 0807 XXX / 0804 XXX , dan 1 Juta Rupiah,untuk 500 XXX

( harga ketika tulisan ini dibuat ) 

Such as: 46716

INSAN

Heran juga ternyata murah biayanya , sebelum saya telpon ke Telkom dan mendapat penjelasan , saya pikir biayanya mahal untuk nomor semacam itu . Untuk kelas perusahaan SOHO sih terjangkau harga segitu , apalagi untuk call center , biar perusahaan terlihat lebih professional buat menangani customer.

Nomor sudah dapat , tinggal lanjut next step persiapan internal untuk membangun call center…. semangaaat..🙂 , kalo sempet nanti cerita di tulis di posting berikutnya .

Terimakasih untuk call center Telkom , karena diberikan keterangan yang detail sehingga dapat membantu pekerjaan saya . Tingkatkan terus pelayanannya Bapak , Ibu , Mbak, Om , Tante yang ada di Telkom

==== Untuk Update regulasi Telkom tentang Nomor Telepon Toll Free====

Tulisan saya berikutnya

##### Nomor Telepon Toll Free dari TELKOM Update  #####

 

13 thoughts on “Nomor Telepon Toll Free dari TELKOM

    • biaya nya sudah jelas dipapar di artikel mas , untuk custom number ada perhitungannya juga , silahkan sesuai kebutuhan saja🙂

    • Sepertinya nggak butuh , semua dilakukan di sisi provider , dalam hal ini telkom , di sisi kita
      kayaknya cuma perlu PABX yang sudah berjalan saja , itu saja cukup🙂

  1. Thank you, lumayan membantu. Kebetulan lagi butuh info ini🙂
    Jadi utk nomor “0 800 XXXXXXX => Toll Free” dan “500 XXXX => Charge Normaly ( digit x = antara 3-4 nomor)” hanya bayar one time fee Rp. 40,000 per line dan Rp. 35,000 per line per month?

    Saya bingung, kalo toll free number, telkom dapet untung dari mana donk ya? Bukannya kita harus bayar ke mereka ya?

    • Sama-sama🙂 , nanti untuk aktualnya di update aja ke telkom untuk regulasi terbarunya🙂 Atau ke tulisan saya selanjutnya ya
      Nomor Telepon Toll Free dari TELKOM Update

      Maksudnya perhitungan biaya di atas itu dilihat dari sisi penelponnya , bukan yang di telpon🙂 .
      Jadi toll free disini adalah penelpon tidak dikenakan biaya untuk menelpon ke nomor itu , tetapi yang
      dikenakan biaya adalah perusahaan atau orang yang mempunya nomor yang di telpon itu .

      Istilahnya menanggung semua biaya telpon masuk ke nomor itu , harusnya perusahaan gede yang customer satisfaction oreiented yang berani begitu hehehe . bayangin aja ada 1000 orang yang nelpon , kan bocor tuh😀

  2. Ping-balik: Nomor Telepon Toll Free dari TELKOM Update « ceplas..ceplos..gegeblohan..

  3. Oh begitu ya, pantes saya dulu pernah tes telepon customer service Samsung 0-800-xxx (toll free) via hp, durasi 0 detik kurang pulsa Rp365. Ternyata maksud toll free itu yang nelpon yang bayar ya.

    • Maksud toll free itu ya memang tidak semuanya gratis , tergantung apa yang dipakai oleh sang pemilik nomor sistem pembayarannya . Kalo yang bener-bener free ya jika sang pemilik nomor itu menanggung semua biaya nya . Makasi udah mampir dan berkomentar🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s