Galunggung , Berstatus Waspada


Wah , gunung yang berada di tempat kelahiran saya Tasikmalaya,  lagi menggeliat kayaknya . sampai di tetapkan status awas. Saya baca dari beberapa situs berita , salah satunya dari situsnya metronews.

Galunggung merupakan tempat favorit saya untuk berwisata , dan salah satu icon kebanggaan saya sebagai urang tasik . Sampai sampai foto gunung galunggung saya jadikan sebagai foto header blog ini.

Menurut sejarahnya galunggung sudah beberapa kali meletus , sejarahnya saya tidak paparkan disini , bisa menuju langsung ke Tekape ( niruin mas parto OVJ )😀, di mbah wiki.

Keindahan galunggung sudah tidak terbantahkan lagi , pemandangan yang asri , udara yang sejuk , dan tempat wisata air panas yang masih alami adalah daya tarik yang bisa membuat orang mengunjungi dan pasti kembali lagi kesana . Meski dalam kenyataannya pengelolaan tempat wisata untuk kawasan gunung Galunggung ini masih dirasa kurang , dalam hal memanjakan pengunjungnya , perlu peningkatan fasilitas dan pelayanannya lagi . Mudah-mudahan pihak yang terkait bisa lebih meningkatkan lagi usaha nya dalam hal ini . Bukan begitu bapak ibu ?😀 , kan yang untung nanti kita-kita juga , dan saya sebagai urang Tasik menjadi lebih bangga lagi memiliki Galunggung .

Ah .. terlalu berat buat saya mengomentari hal semacam itu sepertinya hehe🙂 . Biarlah yang lebih kompeten saja yang bicara🙂

Mengenai penetapan status AWAS untuk Galunggung , saya berharap penduduk di daerah sekitar gunung Galunggung bisa lebih waspada lagi , mengupdate informasi-informasi tentang status Gunung Galunggung , tentunya informasi dari sumber yang valid dan kompeten  seperti BMKG , Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), update terus agar kita bisa waspada . Jangan terbawa oleh isu-isu yang menyesatkan , Gunung Berapi memang ada kala nya bisa meletus , jangan dihubung-hubungkan dengan hal yang aneh-aneh. Ingat , dalam Al-Qur’an pun dijelaskan

“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Qur’an, 27:88)

Kita harus waspada agar tidak terjadi korban , persiapan lah yang perlu kita lakukan sebaik mungkin , bencana selalu datang , tinggal bagaimana kita menanganinya dengan baik , dan mengambil hikmah.

Dan ingat satu hal , minta perlindungan hanya kepada Allah , tiada yang lain , sesungguhnya kita manusia itu lemah,لا حَوْلَ وَ لا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّهِ

Kahade urang Tasik , kedah waspada !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s